The Art behind the Science of Aesthetic
Jul
2016

Indahnya Tersenyum

Indahnya Tersenyum

Senyum adalah sesuatu yang  misterius, yang memiliki maksud tersirat dan tujuan tertentu. Walaupun setiap orang memiliki bibir, tidak semua orang mampu untuk melakukannya apalagi orang yang sedang marah. Coba bayangkan jika kita melihat orang dekat, teman, atasan yang biasanya mudah tersenyum, tiba-tiba senyuman itu tak tampak lagi di bibirnya. Tentu akan menimbulkan tanya bagi kita. 

Senyum bukan hanya menyangkut urusan bibir saja, tetapi yang lebih utama adalah ingin tidaknya kita membahagiakan orang lain, ingin tidaknya kita membuat keadaan di sekitar kita menjadi lebih menyenangkan. Senyuman memang sesuatu yang hebat dan dahsyat dan merupakan sifat  mulia. Yuk biasakan diri kita untuk tersenyum, karena dengan sebuah senyuman kita akan terlihat lebih cantik dan dapat menyehatkan jiwa raga. 

Menurut majalah Psychology Today, "Jika Anda melihat seseorang yang tidak terlihat bahagia dan tak ada senyum diwajahnya, berikan kepada mereka senyuman hangat yang Anda miliki.” Seperti yang diungkap Joan Coggin, M.D., seorang kardiolog di University School of Medicine, Loma Linda, Amerika Serikat, rata-rata anak kecil tertawa lebih dari 400 kali dalam sehari. Sedangkan orang dewasa hanya tertawa sebanyak 15 kali saja sehari. Itu berarti bahwa orang dewasa kehilangan 385 tawa seiring dengan bertambahnya umur.  

Faktanya, tersenyum bermanfaat bagi kesehatan; mengurangi dan merendahkan tekanan darah, meningkatkan mood, memperbaiki sistim pertahanan tubuh, meningkatkan fungsi otak, melindungi jantung, serta memperbaiki hubungan social. Bersyukurlah jika hari ini kita masih dapat tersenyum dan tertawa karena banyak orang mengidap penyakit Sindrom Moebius, yaitu kelumpuhan pada wajah dimana penderita tidak boleh tersenyum bahkan mengerutkan/mengernyitkan dahi.   

Seperti halnya kita yang berkeja di bidang jasa, wajib hukumnya untuk melayani dan memberikan senyuman sehangat mungkin tanpa terkecuali bila ada customer yang datang sedang marah-marah kepada kita, kita harus selalu memberikan pelayanan yang prima serta memberikan senyuman tulus meskipun dalam hati kita berbeda karena dengan senyuman yang penuh ketenangan akan mampu meluluhkan kemarahan seseorang. Maka dari itu hendaknya kita membiasakan diri untuk bersikap tenang dan murah senyum dalam segala hal.  

Sebuah senyuman mencerminkan indahnya akhlak seseorang dalam tindak tanduknya sehari-hari. Senyuman dapat kita bagi kedalam beberapa macam senyum, diantaranya sebagai berikut : 

A. Senyuman egois atau sinis
Sebuah senyuman yang tidak bersahabat. Senyuman tersebut terbentuk dari perasaan dendam dan penuh kekesalan. 

B. Senyum ketabahan
Sebuah senyuman yang muncul dari orang-orang kuat menghadapi permasalahan hidupnya, tanpa  kecengengan. Senyuman ini akan dirasakan oleh orang yang dekat dengan Sang Pencipta.  

C. Senyum ketulusan
Sebuah senyuman yang datang dari hati yang paling dalam. Senyuman ini mampu menambah keakraban  memperbaiki hubungan dalam berkomunikasi. Dengan kata lain, meski lawan bicara tidak bertemu langsung, getaran senyumnya dapat menggetarkan mata batin kita.


Berikut ini adalah manfaat senyum yang perlu kita ketahui: 

Dari segi penampilan

Senyum dapat memperbaiki penampilan dan menambah daya tarik. Walaupun wajahnya kurang cantik, namun senyumannya dapat membuat auranya semakin terpancar. 

Dari segi kesehatan

Seseorang yang murah senyum biasanya tidak mudah stress. Jantungnya akan berdetak secara normal, sehingga dia terhindar dari berbagai penyakit. 

Dari segi sosial

Senyuman dapat mengakrabkan hubungan terutama dalam pergaulan. Dengan tersenyum suasana akan menjadi lebih hangat dan indah.  


Karena itu marilah kita membudayakan senyum sedini mungkin sehingga kehidupan kita akan menjadi lebih indah dan menyenangkan.



Tentang Penulis:

Woro Sri Andayani
Kontributor Miracle Academy