The Art behind the Science of Aesthetic
Jun
2017

Did You Know About Physical and Chemical Sunscreen ?

Did You Know About Physical and Chemical Sunscreen ?

Sedang menikmati long weekend? Sudahkah Anda menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari? Apakah Anda pernah mendengar bahwa terdapat 2 jenis sunscreen yakni chemical sunscreen dan physical sunscreen?

Mari kita bahas perbedaan keduanya di bawah ini yuk!


Physical Sunscreen :

- Melindungi kulit dari sinar matahari dengan cara menghalangi dan memantulkan sinar matahari dari permukaan kulit.

- Melindungi kulit sejak awal penggunaannya dengan langsung menangkal sinar UVA dan UVB pada saat diaplikasikan pada permukaan kulit.

- Dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

- Aman untuk digunakan oleh penderita kulit yang gampang merah (rosacea / redness).

- Bertekstur kental, terasa lengket sehingga lebih sulit diratakan diatas kulit.

- Memberikan kesan white cast atau lapisan putih tipis di kulit, sehingga tidak ideal untuk kulit berwarna coklat tua atau gelap (point baru).

Chemical Sunscreen :

- Menggunakan filter kimia sebagai bahan aktif utama dan disebut tabir surya organik.

- Melindungi kulit dari sinar matahari dengan cara menyerap sinar matahari dan ada juga yang menyebar sinar UVA dan UVB tersebut, kemudian diubah menjadi energi panas. Energi panas tersebut akan dilepaskan lewat permukaan kulit.

- Teksturnya jauh lebih encer dibanding physical sunscreen, sehingga lebih gampang mengoles dan meratakannya, dan mudah diserap oleh kulit sehingga efek proteksinya lebih merata.

- Untuk memperkuat efek proteksinya, dapat terdiri dari banyak jenis filter kimia, sehingga rentan mneyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

- Karena kerjanya yang menyerap sinar matahari dan mengubah menjadi energy panas, maka kurang baik untuk digunakan pada kulit yang kemerahan (rosacea/redness).

- Pada kulit yang sudah mempunyai masalah-masalah pigmentasi seperti brown spots dan discoloration, penggunaan chemical sunscreen mungkin dapat memperburuk kondisi brown spot dan discoloration karena efek “energi panas” nya.

Bagaimana? Apakah sunscreen yang Anda gunakan termasuk Physical Sunscreen atau Chemical Sunscreen? Sudah tepatkah pilihan sunscreen yang Anda gunakan?



Tentang Penulis:

Cindytia Rudianto
Miracle Aesthetic Clinic
Website