The Art behind the Science of Aesthetic
Mar
2017

Pentingnya Kolagen Bagi Kulit

What is collagen? Is it important for your skin?

     Kita pasti sudah sering mendengar tentang kolagen, namun beberapa orang masih bingung, apa yang dimaksud dengan kolagen? Yuk kita bahas apa sih kolagen itu & mengapa kolagen penting bagi kulit.

    Kolagen merupakan protein yang terdiri dari asam amino-, yang terbentuk dari karbon, oksigen dan hidrogen. Kolagen ini mengandung asam amino tertentu seperti Glycine, Proline, hydroxyproline dan Arginine yang fungsinya untuk menghubungkan atau mendukung jaringan tubuh manusia seperti kulit, tulang, otot, bahkan pada rambut dan kuku.

     Pada dasarnya, kolagen ada di setiap lapisan kulit manusia dan dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Akan tetapi, selain bertambahnya usia, polusi, pola hidup, dan radikal bebas turut mengurangi kadar kolagen di dalam tubuh.

     Faktanya, kekurangan kolagen dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan kulit berupa masalah pigmentasi, kekenduran, mudah mengelupas, keriput, dehidrasi dan mudah memar. Karenanya, sangat penting untuk memastikan bahwa kita telah menambahkan kolagen dalam menu sehari-hari sebagai satu salah cara untuk menjaga kesehatan kulit.

Lalu bagaimana sih caranya untuk meningkatkan produksi kolagen?

  1. Kolagen merupakan protein yang terdiri dari asam amino. Untuk mendapatkan zat ini, Anda harus memperolehnya dari asupan makanan karena tubuh tidak bisa memproduksi asam amino esensial. Asam amino dapat ditemukan di susu, daging, ikan, telur, dan makanan laut. Kebanyakan sayuran hijau juga mengandung zat ini. 
  2. Gunakan produk yang berbahan dasar kolagen baik dalam bentuk cream maupun lotion untuk tetap menjaga kelembapan kulit dari luar.
  3. Selain mengaplikasikan cream / lotion yang mengandung kolagen, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C dan vitamin K. Dengan mengkonsumsil suplemen ini dapat memastikan defisiensi ini teratasi sekaligus meningkatkan kadar kolagen loh.
  4. Tak  hanya mengkonsumsi makanan serta penggunaan produk topikal, Anda juga dapat melakukan beberapa treatment rutin diantaranya facial, chemical peeling, laser, RF dan beberapa treatment lainnya yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen.

     Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit selalu sehat, kencang dan senantiasa awet muda. 



Tentang Penulis:

Cindytia Rudianto
Miracle Aesthetic Clinic
Website