The Art behind the Science of Aesthetic
Jul
2016

Keajaiban Teh Hijau Untuk Kecantikan

Teh Hijau oleh Martin Phox via Flickr

Green Tea atau Teh Hijau sebenarnya sudah dikenal lama di Indonesia, namun baru dikonsumsi secara luas seiring meningkatkan popularitas masakan Jepang. Faktor penentu melejitnya reputasi Teh Hijau adalah hasil penelitian yang membuktikan bahwa Teh Hijau memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Teh yang kaya akan polifenol ini sedang booming di Indonesia. Banyak produk makanan dan minuman yang menambahkan kandungan Teh Hijau di dalamnya. 

Yuk sama-sama kita kupas tuntas Manfaat Teh Hijau untuk kecantikan.

Apa itu Teh Hijau?

Menurut legenda Tiongkok, Teh Hijau ditemukan pada tahun 2737 SM oleh Kaisar Shen Nung dan telah digunakan sebagai pendukung pengobatan sejak 4000 tahun yang lalu. Teh yang terkenal dari Negara Cina dan Jepang ini merupakan jenis teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia Sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi. 

Jenis-Jenis Teh Hijau

Gyokuro

Teh terpilih dari daun teh kelas atas yang disebut Tencha. Teh dinamakan Gyokuro karena warna hijau pucat yang keluar dari daun teh. Daun dilindungi dari terpaan sinar matahari sehingga mempunyai aroma yang sangat harum.

Matcha

Teh hijau berkualitas tinggi yang digiling menjadi bubuk teh dan dipakai untuk upacara minum teh. Matcha mempunyai aroma yang harum sehingga digunakan sebagai perasa untuk es krim rasa teh hijau, berbagai jenis kue tradisional Jepang (wagashi), berbagai permen dan coklat.

Sencha

Teh hijau yang biasa diminum sehari-hari, dibuat dari daun yang dibiarkan terpapar sinar matahari.

Genmaicha

Teh jenis bancha dengan campuran butiran beras yang belum disosoh (genmai) yang dibuat menjadi berondong. Teh mempunyai aroma wangi butiran beras yang setengah gosong.

Kabusecha

Teh jenis sencha yang daunnya dilindungi untuk beberapa lama dari terpaan sinar matahari sebelum dipanen. Aroma teh kabusecha sedikit lebih lembut dibandingkan dengan teh sencha.

Manfaat Teh Hijau untuk kecantikan

1. Mencegah penuaan dini

Untuk memperoleh khasiat Teh Hijau dalam menunda penuaan dini, seduhlah teh dengan air mendidih, selanjutnya diamkan seduhan air teh tersebut dalam wadah tertutup, setelah dingin basuhlah air teh pada wajah, tangan atau kaki. Kandungan Antioksidan yang sangat tinggi dipercaya mampu memperlambat penuaan dini yang disebabkan oleh senyawa-senyawa polutan yang berbahaya.

2. Mengatasi mata panda

Sering begadang atau kurang tidur menyebabkan kantung mata atau mata bengkak, hal ini dapat diatasi dengan kandungan tannin yang ada di dalam Teh Hijau. Gunakan bekas kantung Teh Hijau yang sudah diseduh, kompres diatas mata selama ± 20 menit dan Anda akan merasakan kesegaran kulit sekitar mata

3. Mengobati jerawat dari dalam

Teh Hijau sendiri mengandung zat anti bakteri yang ampuh menangkal dan mencegah munculnya bakteri penyebab jerawat. Kandungan senyawa katekin pada Teh Hijau juga berfungsi sebagai bahan anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan dan bekas luka yang timbul akibat adanya jerawat.

4. Melangsingkan tubuh

Teh Hijau dipercaya mampu menurunkan berat badan. Hal ini di karenakan tingginya kandungan polyphenois katekin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pembakar lemak dan kalori dalam tubuh bisa lebih cepat. Bahkan mengonsumsi teh hijau di pagi hari dipercaya dapat membakar lemak dalam tubuh hingga 4 % dalam waktu 24 jam. Tidak hanya itu, teh hijau juga mampu mengontrol tingkat glukosa dalam tubuh.

5. Tabir surya alami

Teh hijau juga bisa bertindak sebagai tabir surya alami yang dapat melindungi kulit dari teriknya sinar UV dan juga mencegah radikal bebas yang akan menyerang sel-sel kulit. Sehingga kulit tidak akan mudah terbakar dan akan terhindar dari masalah penuaan dini. Konsumsilah teh hijau secara teratur, selain menyehatkan juga menjaga kecantikan Anda.


Maka, nikmati 2 atau 3 cangkir setiap hari dan rasakan KEAJAIBAN TEH HIJAU. Selamat mencoba!



Tentang Penulis:

Gasella Priyanka
Kontributor Miracle Academy