The Art behind the Science of Aesthetic
Oct
2017

FACT vs MYTH Botox

Ketahui beberapa mitos dan fakta yang berkaitan dengan botox.

Botulinum toxin atau dikenal dengan Botox® identik dengan antipenuaan. Kandungan Botox® adalah protein yang telah dimurnikan untuk merelaksasikan otot yang menyebabkan keriput dan kerutan. Sehingga, menghasilkan kulit yang lebih halus dan kencang. Sebelum memutuskan untuk melakukan treatment Botox®, ada baiknya mengetahui beberapa mitos dan fakta yang berkaitan dengan Botox®.

Botox® dan Filler memiliki cara kerja yang berbeda. à FACT

Botox® dan Filler adalah dua hal yang berbeda sehingga bekerja dengan cara yang berbeda. Filler berfungsi untuk mengisi lapisan kulit atau menambah volume pada bagian wajah tertentu, sedangkan Botox® berfungsi untuk merelaksasi otot wajah yang menyebabkan timbulnya keriput.

Botox® itu tidak aman, bahkan berbahaya. à MYTH

Botox® pertama kali menerima persetujuan FDA (Food and Drug Administration) untuk mengobati kondisi medis tertentu pada tahun 1989. Kemudian mendapat izin untuk digunakan dalam industri kosmetik sejak tahun 2002. Semenjak itu, jutaan orang telah menggunakan Botox®. Di tangan dokter yang profesional dan berpengalaman, Botox® adalah bahan yang sangat aman dan efektif.

Botox® hanya untuk orang tua / dewasa. à MYTH

Selain untuk kecantikan, Botox® telah memiliki izin untuk menangani berbagai kondisi medis. Termasuk strabismus, kejang otot kelopak mata (eyelid muscle spasms), migrain kronis, distonia serviks (cervical dystonia), kandung kemih terlalu aktif (overactive bladder), keringat ketiak berlebih (excessive underarm sweating) yang dapat dialami orang dalam segala usia.

Anda tidak bisa tersenyum atau berekspresi lain pada wajah setelah melakukan Botox®. à MYTH

Faktanya, Anda akan terlihat seperti diri Anda sendiri, namun dalam versi yang lebih baik, tanpa garis kerutan pada wajah. Botox® Cosmetic merupakan perawatan dengan teknik yang khusus. Pastikan Anda memilih dokter yang berlisensi, berpengalaman dan ahli dalam bidang facial anatomy.

Botox® dapat bertahan selama 3 bulan hingga 1 tahun. à FACT

Botox® bekerja pada otot wajah, sehingga memerlukan waktu untuk otot itu sendiri kembali ke bentuk asalnya. Hasilnya akan terlihat antara 24-48 jam setelah melakukan perawatan dan hasilnya akan bertahan hingga 3-4 bulan atau lebih, bergantung pada kondisi kulit masing-masing.

Sekali menginjeksi Botox® ke area wajah, akan mengalir ke seluruh tubuh dan memberikan efek samping ke area tubuh lainnya. à MYTH

Faktanya, injeksi Botox® Cosmetic merupakan difusi lokal yang masuk ke bagian tubuh hanya sekitar 1 sentimeter (1 cm) di area tertentu (pada wajah) dan tidak berpengaruh ke seluruh area tubuh.

Botox® itu mahal. à MYTH

Kita harus menyadari bahwa harga yang harus kita bayar bukan hanya sekedar produk Botox®, tetapi juga kemampuan dan pengalaman dari seorang dokter yang memiliki kemampuan khusus dalam mengaplikasikan Botox® Cosmetic ke wajah kita. Bagi perempuan maupun pria, wajah adalah salah satu aset yang paling berharga. Karena itu, carilah klinik kecantikan yang tepat dan memiliki dokter-dokter profesional dan mampu membantu Anda untuk menampilkan versi terbaik Anda.



Tentang Penulis:

Pinto Zakiri Handoko
Marketing Communication