The Art behind the Science of Aesthetic
Aug
2016

Cara Ampuh Atasi Jerawat Dengan Makanan Sehat

Image by Olearys via Flickr

Jerawat, salah satu hal yang paling ditakuti banyak orang. Bahkan, ketika dia datang, banyak orang merasa seperti dunianya runtuh. Dokter Kligmann, salah satu dokter spesialis jerawat di dunia juga mengatakan bahwa tidak ada seorang pun di dunia yang semasa hidupnya tidak pernah mempunyai jerawat. Jadi sebaiknya tidak perlu banyak orang takut berlebihan terhadap jerawat. 


Perlu diketahui penyebab jerawat muncul adalah kelebihan minyak yang tersumbat di pori-pori wajah yang mana di dalamnya masih ada kotoran dan bakteri. Panas terik matahari bisa jadi salah satu alasan yang membuat pori-pori wajah membesar. Ditambah sering terkena debu polusi udara di jalanan menyebabkan kotoran menumpuk di kulit wajah. Sementara kelebihan minyak itu sendiri bisa dikarenakan reaksi alami kulit wajah yang memproduksi minyak ketika merasakan panas.


Tapi, tahukah juga jika pola makan yang kurang sehat juga bisa menimbulkan masalah jerawat. Beberapa contohnya adalah junk food dan gorengan karena mengandung banyak minyak sehingga juga bisa berpotensi menimbulkan jerawat. Untuk itu biasakanlah mengkonsumsi makanan sehat jika tidak ingin mengalami masalah tersebut. 


Berikut beberapa contoh makanan sehat yang terkenal bisa mencegah sekaligus mengatasi jerawat:


Buah Alpukat

Buah hijau ini kaya Vitamin E yang mampu menangkal radikat bebas akibat sengatan matahari sehingga bagus untuk kesehatan kulit wajah. Selain itu, Alpukat juga memiliki kandungan Vitamin C yang bisa mengusir kulit kusam dan melembabkan kulit.


Buah Jeruk

Buah yang kaya Vitamin C ini paling terkenal dalam urusan pengobatan jerawat. Terkenal karena mampu mencerahkan sekaligus melembabkan kulit wajah. Pastikan untuk mengkonsumsi buahnya, bukan dalam bentuk jus jeruk. Jeruk yang masih asli memiliki manfaat yang benar-benar terjaga, sementara jeruk yang sudah dijadikan jus biasanya ditambahkan gula yang justru bisa menimbulkan jerawat.


Sayur Brokoli

Sayuran ini kaya akan kandungan vitamin A, B, C, E, dan K. Memiliki banyak antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas akibat sengatan matahari sehingga baik untuk kesehatan kulit.


Putih Telur

Telur kaya protein yang dibutuhkan untuk memelihara sekaligus meregenerasi jaringan sel-sel mati dalam tubuh. Perbanyak konsumsi putih telur karena dapat mengangkat minyak berlebihan sekaligus mencerahkan dan membuat kulit lebih halus. Sebaliknya, kurangi / hindari kuning telur karena dapat merangsang pertumbuhan hormon yang menyebabkan jerawat makin parah.


Itulah contoh beberapa makanan sehat yang bisa dikonsumsi dan terkenal ampuh untuk mengatasi jerawat. Biasakan mengkonsumsi makanan sehat dan masalah jerawat pun pasti lebih mudah teratasi.



Tentang Penulis:

Andreas Yonathan
Digital Marketing Strategist
Website