Aesthetic Insight

Bolehkah Mencuci Muka Saat Berkeringat?

19 Apr 2018
Boleh atau tidak mencuci muka saat berkeringat?

Setelah lelah berolahraga di pagi hari, langsung mencuci muka memang sangat menyegarkan, bukan? Wajah yang sebelumnya penuh keringat langsung terasa segar terkena cipratan air dingin yang membasahi seluruh wajah. Namun, apakah hal tersebut baik bagi kesehatan wajah? 

Sebagian orang beranggapan kalau wajah yang berkeringat akan mudah terkena polusi dan bakteri yang dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jerawat. Namun, sebagian lainnya beranggapan bahwa cuci muka saat masih berkeringat justru berbahaya bagi kulit karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar.

Lalu, manakah anggapan yang benar? Nah, berikut beberapa pandangan para ahli agar dapat memberi pencerahan bagi kalian tentang boleh atau tidak mencuci muka saat berkeringat.

Untuk menjawab boleh atau tidak mencuci muka saat berkeringat, sebelumnya mari kita bahas tentang proses berkeringat itu sendiri. 

Ketika sedang melakukan aktivitas berat seperti olah raga, tubuh akan menghangat dan pembuluh darah akan melebar sehingga aliran darah menjadi lebih intens. Salah satu cara tubuh untuk mendinginkan diri adalah mengeluarkan keringat dari jaringan kulit dan kondisi ini memang baik untuk kondisi kulit itu sendiri.

Keringat yang bercampur dengan minyak, sel kulit mati, dan bakteri memang bisa menimbulkan jerawat. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk membersihkan wajah dan tubuh setelah kucuran keringat mereda. Namun jangan terlalu sering mencuci muka. Mencuci muka lebih dari dua kali dalam sehari dapat menghilangkan kelembapan wajah dan menjadikannya kering dan kasar.

Isu bahaya cuci muka saat berkeringat

Kembali ke topik utama, boleh atau tidak mencuci muka saat berkeringat? Rupanya Anda TIDAK dianjurkan untuk langsung mencuci muka ketika berkeringat. 

Saat kulit berkeringat, pori-pori otomatis akan membesar dan zat-zat dari sabun wajah dengan efektif akan mengangkat minyak dan kotoran di dalamnya. Memang hal ini bisa mencegah jerawat. Namun sebagai gantinya, kulit akan menjadi kering dan kasar akibat kehilangan kelembapanya. 

Jadi, tunggulah beberapa saat setelah olah raga untuk mulai membersihkan wajah. Tapi jangan terlalu lama juga, sehingga membuat bakteri sempat berkembang biak di dalam pori-pori kulit yang menyebabkan jerawat.

Tips mencuci muka setelah berkeringat

Lalu, bagaimana cuci muka yang baik dan benar setelah selesai berkeringat? Berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

• Gunakan sabun muka yang ringan

Hindari penggunaan pembersih muka yang mengandung sodium lauryl atau laureth sulfat. Sebab, kandungan tersebut dapat menyebabkan kulit kering dan kasar. Sebaiknya gunakan sabun wajah berbahan alami saja.

• Basuh dengan air dengan suhu normal

Air yang panas akan membuat pori-pori kulit kita berukuran lebih besar. Akibatnya, kotoran dan bakteri akan lebih mudah masuk kembali ke dalam pori-pori. Maka dari itu, gunakan air dengan suhu normal.

• Jangan gosok wajah dengan handuk

Kadang kita suka gemas melihat kotoran yang menempel di wajah dan langsung terjadi refleks menggosok wajah dengan handuk. Padahal, menggosok wajah dengan handuk malah bisa menyebabkan kulit iritasi. Pelan-pelan saja, Anda cukup sentuhkan handuk ke wajah.

Sudah terjawab bukan, perdebatan tentang boleh atau tidak mencuci muka saat berkeringat. Jaga terus kesehatan kulit wajah Anda, mengingat kondisi wajah menjadi cerminan diri saat bertemu orang lain. Selamat beraktivitas!

Bila ingin konsultasi tentang masalah kesehatan, Anda bisa unduh aplikasi Go Dok di smartphone Anda. Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ pada aplikasi tersebut untuk mencari tahu solusi atau saran tentang masalah kesehatan setiap waktu.





Academy | Career | Privacy Policy | Legal

Miracle Aesthetic Clinic © 2018 All Rights Reserved