The Art behind the Science of Aesthetic
Aug
2016

4 Kesalahan Make Up Yang Membuat Wajah Terlihat Lebih Tua

Ilustrasi Kesalahan Make Up oleh Gemma S via LondonBeautyReview.com

Memoles wajah agar terlihat cantik dan menarik sudah menjadi hal yang wajar bagi setiap wanita, tapi FAKTANYA tidak jarang wanita yang justru melakukan kesalahan-kesalahan dalam ber-makeup yang ternyata efeknya malah menegaskan kerutan-kerutan halus yang ada di wajah. Berikut adalah 4 kesalahan dalam ber-makeup yang membuat wajah terlihat lebih tua:

  1. Mengoleskan alas bedak terlalu tebal
    Maksud hati ingin menutup kerutan atau noda di wajah, karena terlalu banyak mengoleskan alas bedak (Foundation) yang terjadi guratan-guratan halus pada wajah malah semakin kelihatan. Penggunaan alas bedak yang terlalu tebal juga akan memicu timbulnya permasalahan kulit seperti komedo atau jerawat.
    Tips:  Hindari penggunaan alas bedak yang padat untuk penggunaan sehari-hari, gunakan alas bedak yang soft dan liquid agar terkesan lebih alami.
  2. Terlalu sering menggunakan concealer
    Anda termasuk wanita yang suka menutupi noda/kerutan dibawah mata dengan concealer? Hati-hati! Bisa jadi Anda sudah keliru selama ini. Terlalu sering menggunakan concealer di bawah mata atau untuk menutupi noda lainnya membuat kulit akan kering dan keriput.
    Tips:  Gunakan concealer apabila dibutuhkan, seperti saat acara pesta atau event tertentu. Sebaiknya tidak digunakan setiap hari karena tekstur concealer yang cenderung padat membuat kulit tidak bernafas. Cara pengaplikasiannya campurkan concealer dengan pelembab sebelum dioleskan ke wajah.
  3. Alis yang tipis
    Alis menjadi bagian yang cukup berperan penting pada keindahan seni ber-makeup seseorang. Bentuk alis sangat mempengaruhi karaktek wajah. Alis dengan sudut turun ke bawah akan menimbulkan kesan wajah yang sayu, alis tipis dengan puncak menjulang ke atas akan membuat wajah terkesan garang dan terlihat tua, alis datar akan membentuk kesan wajah yang datar tanpa ekspresi.
    Tips:  Bentuk dan ketebalan alis harus menyesuaikan dengan bentuk wajah agar selaras. Warna pensil alis menyesuaikan dengan warna rambut dan arsir pensil alis dengan natural jangan terlalu menekan agar tampak warna yang alami.
  4. Lipstick berwarna gelap
    Bila ingin penampilan Anda tampak fresh and younger, hindari memilih lipstik berwarna gelap, khususnya jika Anda sudah berumur 40-an, tapi masih ingin terlihat muda.
    Tips: Tren lipstik 2016 adalah warna nude atau transparan. Dengan mengaplikasikan lipstik nude, tampilan Anda akan terlihat natural dan elegan. Jenis warna nude yang digunakan harus sesuai dengan hasil makeup dan warna kulit wajah agar tidak menimbulkan kesan pucat.


Nah, itu tadi sharing singkat seputar kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dalam ber-makeup yang membuat wajah terlihat lebih tua. Nantikan tips-tips menarik berikutnya, ya!



Tentang Penulis:

Gasella Priyanka
Kontributor Miracle Academy